Visi Misi Paroki

A. Visi Paroki Purbayan
Paroki Purbayan adalah peguyuban umat beriman, yang dalam kesatuannya dengan KAS, dibimbing oleh Roh Kudus dan dalam kerja sama dengan semua orang yang berkehendak baik, dengan gembira terpanggil menghadirkan kerajaan Allah dengan mewartakan Sabda Allah dan merayakan Misteri Keselamatan, berakar dalam budaya dan nilai-nilai kemanusiaan yang universal, memperjuangkan, menghayati, dan mewujudkan nilai-nilai insan yang luhur dan suci di dalam umat basis dan masyarakat, serta melayani orang miskin secara integral.

B. Misi Paroki Purbayan
Memberdayakan lingkungan, wilayah, dan kelompok kategorial agar menjadi umat basis yang semakin berkualitas dalam iman, persaudaraan, dan pelayanan.
1. Iman : Berpusat pada perayaan ekaristi, diperkokoh dengan pendalaman sabda Tuhan dan ajaran gereja, dihayati dalam penerimaan sakramen-sakramen.
2. Persaudaraan : semakin dibangun ke dalam (antar sesama orang beriman), dan makin inklusif (dengan tetangga se RT/RW) dengan kesediaan hadir pada peristiwa-peristiwa kehidupan (kelahiran, perkawinan, orang sakit, kematian, dll) dan dengan kesadaran mendalam bahwa kita semua adalah saudara sesama ciptaan Tuhan dan sesama sebangsa dan setanah air.
3. Pelayanan : Makin menjangkau mereka yang miskin dan terpinggirkan khususnya di Surakarta. Dengan demikian kehadiran Gereja Katolik sungguh-sungguh memberi makna yang nyata bagi sesama, terutama yang menderita.
4. Meningkatkan kualitas umat basis dengan strategi pastoral yang murah hati dengan senantiasa mencari domba-domba-Nya yang tersesat dan hilang.
Menggerakkan habitus baru dalam hal peduli terhadap lingkungan hidup, dengan turut memelihara alam dan lingkungan, memperhatikan pembuangan sampah baik di rumah (keluarga), masyarakat (RT/RW), sekolah dan di manapun berada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *