Profil Singkat Paroki Santo Antonius Purbayan

Paroki St. Antonius Padua Purbayan adalah paguyuban-paguyuban umat beriman akan Yesus Kristus yang menjadi bagian dari Umat Allah Keuskupan Agung Semarang, dan masuk Rayon Selatan Kevikepan Surakarta.

Paroki Purbayan saat ini dilayani oleh iman dari Serikat Jesus. Dua imam yang bertugas secara penuh dalam reksa pastoral paroki, satu imam yang bertugas pokok sebagai Direktur cabang Yayasan Kanisius Surakarta dan membantu pastoral paroki, dan seorang imam yang bertugas sebagai pembimbing rohani. Area paroki meliputi 5 kecamatan dan 16 kelurahan. Kecamatan Pasar Kliwon merupakan pusat paroki. Di sebelah Timur Purbayan berbatasan dengan Paroki St. Maria Regina Purbowadayan dan Paroki St. Maria diangkat ke Surga Palur, sebelah selatan berbatasan dengan Paroki San Inigo Dirjodipuran, sebelah barat berbatasan dengan Paroki St. Petrus Purwosari dan sebelah utara berbatasan dengan Paroki St. Maria Regina Purbowadayan.

Paroki Purbayan terdiri 17 Wilayah dan 54 lingkungan. Demi pelayanan yang lebih efektif wilayah-wilayah dikelompokkan ke dalam suatu koordinatorat Wilayah/Rayon.

Rayon Wilayah Barat meliputi : Wilayah St. Gregorius, Keprabon (3 lingkungan), Wilayah St. Dorotheus, Ketelan (3 lingkungan), Wilayah St. Edmund, Setabelan (2 lingkungan), Wilayah St. Nicomedic, Kemlayan (2 lingkungan), dan Wilayah St. Odelia, Timuran (3 lingkungan)

Rayon Wilayah Tengah meliputi : Wilayah St. Yohanes don Bosco, Kampung Baru (2 lingkungan), Wilayah St. Bonifasius, Kebalen (3 lingkungan), Wilayah St. Fabianus, Kepatihan (3 lingkungan), Wilayah St. Gabriel, Purwodiningratan (3 lingkungan), Wilayah Sudiroprajan (4 lingkungan) dan Wilayah St. Leo Agung, Kedunglumbu (4 lingkungan)

Rayon Wilayah Timur meliputi : Wilayah St. Ignatius, Bangunharjo (3 lingkungan), Wilayah St. Fransiscus Asisi, Gandekan (4 lingkungan), Wilayah St. Klemens, Sangkrah (5 lingkungan), Wilayah St. Maria Regina, Kampung Sewu (4 lingkungan), Wilayah St. Ignatius, Ngrayapan (3 lingkungan) dan Wilayah St. Agustinus, Kronelan (3 lingkungan)

Jumlah KK Katolik ada 1.477 dan jumlah umat Katolik dari hasil pendataan sebanyak 4150 jiwa, mereka ini baik yang tinggal di wilayah Paroki Purbayan maupun yang merantau namun masih tercatat di KK keluarga..

Berdasarkan usia, sepertiga umat Paroki Purbayan terdiri dari anak-anak, remaja dan usia produktif (1.161 jiwa) dan sisanya adalah kaum lansia. Ini suatu kelemahan namun di sisi lain ini masih memberikan harapan besar akan keberlangsungan umat di paroki Purbayan. Oleh karena itu potensi yang ada perlu dipilih dan dikelola dengan baik program-progam yang tepat untuk mempertahankan dan menjaga kaum muda dan anak-anak yang masih rentan terhadap pengaruh budaya masyarakat modern.
Umat Paroki Purbayan juga terdiri dari berbagai macam suku. Suku Jawa (80,5%) suku Tionghoa (18,5%) dan suku lainnya (0,9%). Keberagaman ini adalah anugerah, yang sekaligus juga menuntut tata penggembalaan yang inklusi.

Keterlibatan sosial umat, tercatat 119 jiwa (2,87%) yang aktif menjadi ketua RT/RW/kelurahan, pengurus LSM maupun pengurus Ormas. Kendatipun persentase keterlibatan sosial ini memang relatif kecil, namun memiliki peran yang amat penting dalam pengejawantahan nilai-nilai Injil dan upaya menghadirkan Kerajaan Allah di tengah-tengah masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Memang perlu dicari dan ditemukan peluang yang lebih mengembangkan keterlibatan sosial kemasyarakatan ini, selain hal-hal yang telah dicatat di atas.

Selain kelompok yang ditentukan secara teritorial, masih cukup banyak kelompok kategorial yang merasul di Paroki Purbayan misal: PD Kasih, PD Maria, PD Antonius, KTM, Worosedi dll.

Pelayanan pastoral yang telah dilakukan oleh para pelayan pastoral selama ini dirasa sudah cukup membantu umat Allah Paroki St. Antonius Purbayan untuk semakin hidup dalam terang iman akan Yesus Kristus, namun masih sangat perlu untuk ditingkatkan secara khusus pada kualitas pelayanannya. Semoga dalam bimbingan Roh Kudus, gerak kegiatan ke depan semakin mampu menghadirkan Kerajaan Allah sehingga semakin banyak orang merasakan bahwa Allah itu Mahakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *